THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 02 Mei 2009

JUDUL : MENGENAL INTERNET DAN INTARANET
NAMA : RINI RISTIAWATI
KELAS : lX-6
SUMBER : SMP-PASTI-KELAS-lX-SEMESTER 1

A. APAKAH INTERNET ITU ?

Yang dimaksud dengan internet (inter-network) adalah sebuah jaringan komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol). Setiap jaringan komputer yang terhubung ke dalam internet memiliki identitas berupa sebuah alamat IP. Alamat IP tersebut bersifat unique name (tunggal aatau hanya ada satu saja dalam setiap jaringan internet). Contoh alamat IP: 202.110.6.212.

B. SEJARAH INTERNET

Departemen pertahanan Amerika menggunakan internet pertama kali pada awal tahun 1960-an melalui sebuah proyek dengan ARPANET (ARPA : Advanced Research Project Agency). Ternyata hardware komputer dengan software UNIX dapat saling melakukan komunikasi melalui jaringan komputer dalam jarak yang tidak terhingga menggunakan saluran telepon. Dimana perkembangan proyek besar ini akhirnya dikenal sebagai TCP/IP (Transmmission control protocol/internet protocol) yaitu protokol yang sangat populer dan digunakan dalam jaringan internet. Pada awalnya internet lebih dikenal sebagai wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan yang bersifat komersial sebagai sarana pemasaran bisnis. Sekarang internet sudah tersebar di seluruh dunia, dan digunakan oleh semua kalangan.

C. PENYELENGGARA JASA INTERNET

Perusahaan atau badan menyelenggarakan jasa sambungan INTERNET disebut sebagai ISP (Internet services provider) atau juga disebut PJI (Penyelenggara jasa internet). Perusahaan itu menyediakan jasa hubungan ke internet, pendaftaran NAMA DOMAIN, dan HOSTING. ISP mempunyai jaringan baik domestik maupun internasional sehingga pelanggan atau pengguna sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung ke jaringan internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat mengalirkan data yang dapat berupa KABEL (modem, sewa kabel, dan jalur lebar), RADIO, atau bahkan VSAT (koneksi internet melalui satelit).

0 komentar: